Kamis, 22 November 2012

Jenis Sertifikasi


Pada dasarnya jenis sertikasi secara umum yang dikenal di masyarakat dibedakan menjadi dua yaitu :
1.      Sertifikasi Akademik
Sertifikasi akademik adalah suatu pemberian gelar, Sarjana, Master dll oleh suatu instansi (Universitas). Sertifikasi akademik sulit memiliki implementasi langusng dalam industri ICT. Disebabkan karena kecepatan perubahan serta standardisasi antara Universitas. Di samping itu tujuan universitas memang berbeda dengan tujuan industri. Universitas bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar bukannya keahlian khusus atau kompetensi untuk profesi tertentu yang dibutuhkan oleh industri. Spesialisasi yang terlalu sempit juga tidak cocok untuk pengembangan universitas.
2.      Sertifikasi Profesi
Sertifikasi profesi adalah suatu sertifikasi yang diberikan berdasarkan keahlian tertentu untuk profesi tertentu. Sertifikasi profesional pada dasarnya memiliki 3 model, yaitu :
a.       Dikembangkan oleh Profesional Society
Contohnya British Computer Society (BCS), Australian Computer Soicety (ACS), South East Asian Regional Computer Confederation (SEARCC) etc
b.      Dikeluarkan oleh Komunitas suatu profesi
Contohnya Linux Profesional, SAGE (System Administration Guild), CISA(IS Auditing).
c.       Dikeluarkan oleh vendor
Contohnya MCSE (by Microsoft), CCNA (Cisco), CNE (Netware), RHCE (Red Hat) etc. Biasanya skill yang dibutuhkan untuk memperoleh sertifikat ini sangat spesifik dan sangat berorientasi pada suatu produk dari vendor tersebut.

Tidak ada komentar: